Pengenalan Bahasa C++ -01-
Belum compatibel dengan SmartPhone Harap buka dengan mode Desktop.
Objektif :
- Mengerti konsep dasar penggunaan C++
- Dapat memahami Variabel, Tipe Data, Deklarasi, Ekspresi dan Operator dalam C++
- Dapat memahami Input / Output pada C++
- Dapat menerapkan struktur program C++ dan membuat program sederhana menggunakan C++
Pengenalan Editor Turbo C++ IDE
Untuk membuat sebuah program C++ , suatu hal yang dibutuhkan adalah teks editor dan compiler , dengan Borland Turbo C++ yang berfungsi sebagai teks editor sekaligus compiler memudahkan kita untuk membuat sebuah program terutama C++, disamping penggunaan Turbo C++ bisa juga menjadi compiler untuk bahasa C.
Berikut Tampilan interface IDE dari turbo C++ versi 3.0
Sebelum menulis suatu program pada Turbo C++ IDE , ada baiknya untuk mensetting dan mencek menu options > directories , sesuaikan letak file pendukung include dan library.
Struktur Bahasa C++
Turbo C++ IDE digunakan untuk pengguna sistem operasi Windows, sedangkan pengguna sistem operasi Linux dapat menggunakan MinGW dan notepad++ sebagai editornya.
Berikut Tampilan interface Notepad++
Kemudian untuk meng-compile dan run program dapat dilakukan dengan cara :
- Buka Command Prompt (cmd)
- Masuk ke dalam folder tempat Anda menyimpan file yang akan dijalankan
- Compile dengan mengetikkan : g++ [nama file diakhiri .cpp] -o [nama objek]
- Jalankan (run) dengan menggetikkan nama objek
Berikut Tampilan compile dan run pada cmd :
Cara Compile dan Run pada MinGW
Compile : g++ [nama file diakhiri .cpp] -o [nama objek]
Run : [nama objek]
Struktur program dapat dituliskan dalam bentuk yang lain agar lebih mudah dibaca, contoh :
int main () {
cout << " Hello World ";
return 0;
}
Atau dapat juga dituliskan :
int main () { cout << " Hello World "; return 0; }
Dalam satu baris dan memiliki arti yang sama dengan program-program sebelumnya. pada C++ pembatas antar instruksi ditandai dengan semicolon (;) pada setiap akhir instruksi.
Komentar
Komentar adalah bagian dari program yang diabaikan oleh kompiler. Tidak melaksanakan aksi apapun. Mereka berguna untuk memungkinkan para programmer untuk memasukan catatan atau deskripsi tambahan mengenai program tersebut. C++ memiliki dua cara untuk menuliskan komentar :
// Komentar baris /* Komentar Blok */
Komentar baris, akan mengabaikan apapun mulai dari tanda (//) sampai akhir dari baris yang sama. Dan juga akan mengabaikan apapun yang berada diantara tanda /* dan */.
Variabel, tipe data, konstanta
Untuk dapat menulis program yang dapat membantu menjalankan tugas-tugas kita, kita harus mengenal konsep dari variabel. Sebagai ilustrasi, ingat 2 buah angka, angka pertama adalah 5 dan angka kedua adalah 2. Selanjutnya tambahkan 1 pada angka pertama kemudian hasilnya dikurangi angka kedua (dimana hasil akhirnya adalah 4).
Seluruh proses ini dapat diekspresikan dalam C++ dengan serangkaian instruksi : a = 5; b = 2; a = a + 1; result = a - b;
Kita dapat mendefinisikan variable sebagai bagian dari memory untuk menyimpan nilai yang telah ditentukan. Setiap variable memerlukan identifier yang dapat membedakannya dari variable yang lain, sebagai contoh dari kode diatas identifier variabelnya adalah a, b dan result, tetapi kita dapat membuat nama untuk variabel selama masih merupakan identifier yang benar.
Identifiers
Identifier adalah untaian satu atau lebih huruf, angka, atau garis bawah ( _ ). Panjang dari identifier, tidak terbatas, walaupun untuk beberapa kompiler hanya 32 karakter pertama saja yang dibaca sebagai identifier (sisanya diabaikan). Identifier harus selalu diawali dengan huruf atau garis bawah ( _).
Ketentuan lainnya yang harus diperhatikan dalam menentukan identifier adalah tidak boleh menggunakan key word dari bahasa C++. Di bawah ini adalah key word dalam C++ :
asm | auto | bool | break | case |
catch | char | class | const | const_cas t |
continue | defaul t | delete | do | double |
dynamic_c ast | else | enum | explici t | extern |
false | float | for | friend | goto |
if | inline | int | long | mutable |
namespace | new | operator | private | protected |
public | regist er | reinterpret_ cast | return | short |
signed | sizeof | static | static_ cast | struct |
switch | templa te | this | throw | true |
try | typede f | typeid | typenam e | union |
unsigned | using | virtual | void | volatile |
wchar_t |
Sebagai tambahan, represetasi alternatif dari operator, tidak dapat digunakan sebagai identifier. Contoh :
and, and_eq, bitand, bitor, compl, not, not_eq, or, or_eq, xor, xor_eq
catatan: Bahasa C++ adalah bahasa yang "case sensitive", ini berarti identifier yang dituliskan dengan huruf kapital akan dianggap berbeda dengan identifier yang sama tetapi dituliskan dengan huruf kecil, sabagai contoh : variabel RESULT tidak sama dengan variable result ataupun variabel Result.
Tipe Data
Tipe data yang ada pada C++, berikut nilai kisaran yang dapat direpresentasikan :
Name | Bytes * | Description | Range* |
char | 1 | character or integer 8 bits length. | signed: -128 to 127 unsigned: 0 to 255 |
short | 2 | integer 16 bits length. | signed: -32768 to 32767 |
unsigned: 0 to 65535 | |||
long | 4 | integer 32 bits length. | signed:-2147483648 to 2147483647 unsigned: 0 to 4294967295 |
int | * | Integer. Its length traditionally depends on the length of the system's Word type, thus in MSDOS it is 16 bits long, whereas in 32 bit systems (like Windows 9x/2000/NT and systems that work under protected mode in x86 systems) it is 32 bits long (4 bytes). | See short, long |
float | 4 | floating point number. | 3.4e + / - 38 (7 digits) |
double | 8 | double precision floating point number. | 1.7e + / - 308 (15 digits) |
long double | 10 | long double precision floating point number. | 1.2e + / - 4932 (19 digits) |
bool | 1 | Boolean value. It can take one of two values: true or false NOTE: this is a type recently added by the ANSI-C++ standard. Not all compilers support it. Consult section bool type for compatibility information. | true or false |
wchar_ t | 2 | Wide character. It is designed as a type to store international characters of a two-byte character set. NOTE: this is a type recently added by the ANSI-C++ standard. Not all compilers support it. | wide characters |
Deklarasi variabel
Untuk menggunakan variabel pada C++, kita harus mendeklarasikan tipe data yang akan digunakan. Sintaks penulisan deklarasi variabel adalah dengan menuliskan tipe data yang akan digunakan diikuti dengan identifier yang benar, contoh :
int a;float mynumber;
Jika akan menggunakan tipe data yang sama untuk beberapa identifier maka dapata dituliskan dengan menggunakan tanda koma, contoh :
int a, b, c;
Tipe data integer (char, short, long dan int) dapat berupa signed atau unsigned tergantung dari kisaran nilai yang akan direpresentasikan. Dilakukan dengan menyertakan keyword signed atau unsigned sebelum tipe data, contoh : unsigned short NumberOfSons; signed int MyAccountBalance;
Jika tidak dituliskan, maka akan dianggap sebagai signed.
Inisialisasi Variabel
Ketika mendeklarasikan variabel local, kita dapat memberikan nilai tertentu. Sintaks penulisan sbb :
type identifier = initial_value;
Misalkan kita akan mendeklarasikan variabel intdengan nama a yang bernilai 0, maka dapat dituliskan :
int a = 0;
Atau dengan cara lainnya, yaitu menyertakan nilai yang akan diberikan dalam tanda ():
type identifier (initial_value) ;
Contoh :
int a (0);Lingkup Variabel
Pada C++, kita dapat mendeklarasikan variable dibagian mana saja dari program, bahkan diantara 2 kalimat perintah.
variabel Global dapat digunakan untuk setiap bagian dari program, maupun fungsi, walaupun dideklarasikan diakhir program.
Lingkup dari variable local terbatas. Hanya berlaku dimana variable tersebut dideklarasikan. Jika dideklarasikan diawal fungsi (seperti dalam main) maka lingkup dari variable tersebut adalah untuk seluruh
fungsi main. Seperti contoh diatas, jika terdapat fungsi lain yang ditambahkan pada main(), maka variable local yang dideklarasikan dalam maintidak dapat digunakan pada fungsi lainnya dan sebaliknya.
Pada C++, lingkup variable local ditandai dengan blok dimana variable tersebut dideklarasikan ( blok tersebut adalah sekumpulan instruksi dalam kurung kurawal {} ). Jika dideklarasikan dalam fungsi tersebut, maka akan berlaku sebagai variable dalam fungsi tersebut, jika dideklarasikan dalam sebuah perulangan, maka hanya berlaku dalam perulangan tersebut, dan seterusnya.
Baca Juga : Sejarah Bahasa C
Post a Comment